Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami Dan Mudah

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami Dan Mudah

Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Memiliki karang gigi tentu sangat membuat tidak nyaman. Ketika anda berbicara atau sedang berbincang- bincang dengan teman anda, anda takut untuk membuka mulut lebar- lebar karena memang sangat memalukan dan menjijikkan jika teman anda tahu. Selain itu karang gigi juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Dengan adanya karang gigi di mulut anda, anda akan merasa tidak nyaman dan tidak pede. Gigi anda juga akan terlihat kuning. Tidak nyaman bukan jika anda sedang berbicara dengan teman, anda menutupi mulut anda dengan tangan? Pasti teman anda akan merasa aneh. Anda bisa mencoba cara membersihkan karang gigi secara alami untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab terjadinya karang gigi

Sebelum kita lanjut ke cara membersihkan karang gigi secara alami, terlebih dahulu sebaiknya kita mengetahui apa saja kira- kira yang menyebabkan timbulnya karang gigi. karang gigi tidak timbul begitu saja, banyak penyebab yang bisa membuat karang gigi ada di mulut anda. Berikut beberapa penyebab yang bisa menimbulkan terjadinya karang gigi.

Baca Juga : 17 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Terbukti Ampuh

 

  1. Tidak menggosok gigi sesudah makan

Sebagian besar dari kita melakukan gosok gigi dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam ketika akan tidur. Namun tahukan anda jika sesudah makan seharusnya anda juga menggososk gigi agar makanan yang tertinggal di gigi bisa bersih sehingga gigi anda tidak akan menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

  1. Mengkonsumsi makanan tertentu

Karang gigi juga bisa muncul jika anda mengkonsumsi beberapa makanan atau minuman. Misalnya saja adalah minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Selain itu merokok dan mengkonsumsi makanan yang terlalu manis juga dapat menyebabkan timbulnya karang gigi.

  1. Cara menyikat gigi yang salah

Rajin menggosok gigi adalah hal yang bagus untuk kebersihan gigi anda, tapi apakah anda yakin cara anda menyikat gigi sudah benar? Menyikat gigi yang salah hanya akan membersihkan bagian permukaannya saja tidak dapat menjangkau sampai dengan dekat gusi, sehingga bekas makanan yang tertinggal tidak bisa hilang, hal ini akan membuat plak.

  1. Plak yang di biarkan saja

Munculnya plak sedikit jangan pernah di abaikan, jika anda abaikan maka akan menjadi plak yang membandel sehingga sulit untuk di bersihkan.

Bahaya yang ditimbulkan oleh karang gigi yang dibiarkan

Mengetahui dan bisa cara membersihkan karang gigi secara alami tentu sangat penting. Hal ini karena plak yang di biarkan begitu saja semakin hari akan semakin menebal dan mengeras yang akhirnya membutuhkan penanganan khusus untuk membersihkannya. Plak yang dibiarkan ini memiliki efek yang berbahaya bagi anda. Berikut merupakan beberapa efek yang ditimbulkan oleh plak gigi yang mengeras.

  • Mulut anda akan berbau yang tidak sedap

Efek pertama dan paling mudah terasa adalah bau mulut yang kurang sedap. Bau ini muncul akibat menumpuknya sisa- sisa makanan dalam gigi yang telah terinfeksi bakteri dan telah mengalami pembusukan. Plak ini bisa merusak gusi anda, jika hal ini terjadi maka bau mulut anda akan semakin parah.

  • Gingivitis (radang gusi)

Ketika plak yang terbentuk semakin menumpuk dan mengeras, perkembangan bakteri juga akan semakin pesat. Bakteri akan membentuk sarang digaris gusi sampai pada akhirnya akan menyerang gusi dan menimbulkan peradangan. Tanda- tanda radang gusi adalah gusi mengerut, gusi bengkak, warna gusi tampak lebih merah, dan cenderung mengalami pendarahan.

Baca Juga : Cara Mengobati Cacingan Pada Orang Dewasa Secara Alami dan Mudah

  • Periodontitis

Radang gigi yang tidak di atasi maka bisa menimbulkan penyakit yang lebih parah lagi. Penyakit tersebut yaitu periodontitis. Penyakit ini merupakan penyakit akibat peradangan gusi yang terlalu parah dan di biarkan saja, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada tulang dan jaringan lunak yang mana ditandai dengan terbentuknya kantong atau lingkaran- lingkaran di permukaan gusi.

  • Gigi berlubang

Akibat plak gigi yang sudah sanga parah adalah gigi berlubang. Gigi berlubang di akibatkan oleh kerusakan jaringan gusi oleh bakteri dan juga melemahnya tulang gigi. jika sudah seperti ini, maka anda harus bersiap- siap untuk merelakan kehilangan gigi anda.

  • Gangguan kesehatan yang lain

Bahaya yang paling mengerikan adalah ketika bakteri sudah berhasil masuk kejaringan lunak dalam gigi maka bakteri bisa saja masuk ke dalam tubuh melalui aliran darah sehingga dapat memicu penyakit yang lebih parah, misalnya adalah stroke dan gangguan jantung. Kalau sudah tahu penyakit mengerikan yang di timbulkan karena plak gigi, tentu anda ingin tahu bukan tentang cara membersihkan karang gigi secara alami? Hal ini bisa mencegah penyakit mematikan.

Membersihkan karang gigi dengan bahan alami

Setelah mengetahui hal apa saja yang diakibatkan adanya karang gigi yang dibiarkan, maka sekarang adalah saatnya anda mengetahui cara membersihkan karang gigi secara alami dan mudah tentunya. Membersihkan karang gigi bisa dilakukan dengan bahan- bahan alami yaitu sebagai berikut:

  1. Jambu biji

Jambu biji ternyata dapat membantu anda untuk menghilangkan karang gigi. Jambu biji dapat membunuh bakteri penyebab terbentuknya plak gigi. hal ini tentu akan membantu anda. Cara penggunaannya sangatlah mudah, potonglah jambu biji dan taburi dengan garam, kemudian kunyah. Pastikan anda mengunyahnya di bagian gigi yang berkarang.

  1. Baking soda

Baking soda ternyata juga dapat membantu anda dalam membersihkan karang gigi. baking soda dapat menghilangkan karang gigi karena baking soda bersifat basa sehingga dapat membantu menetralkan pembusukan asam yang terjadi di dalam mulut. Cara menggunakannnya adalah campur satu sendok teh baking soda dengan setengah sendok teh garam, aduk rata, dan taruh pada sikat gigi, maka sudah siap digunakan.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan anti bakteri dan anti mikroba. Oleh sebab itu banyak orang memanfaatkan lendir daun ini untuk menhilangkan karang gigi. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya harus mengoleskan lendir atau gel lidah buaya pada gigi dengan menggunakan tangan atau sikat gigi. Tunggu 10 sampai 15 menit, setelah itu berkumurlah dengan bersih.

  1. Kulit jeruk

Jeruk meerupakan buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Cara penggunaannya juga sangat mudah. anda hanya harus mengusapkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang namun jangan langsung berkumur, anda harus membiarkannya dalam waktu semalam.

  1. Teh hijau

Teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri pembentuk plak dalam waktu yang singkat. Selain itu lidah buaya juga ampuh untuk menghilangkan karang gigi dan mencegah radang gusi. Cara penggunaannya, anda harus merebusnya, kemudian air hasl rebusan silahkan anda gunakan untuk berkumut

Bahan- bahan tersebut aman digunakan untuk membersihkan karang gigi dan juga ampuh. Semoga cara membersihkan karang gigi secara alami ini dapat membantu menyelesaikan masalah anda yang berkaitan dengan karang gigi yang membandel dan membuat tidak nyaman.