Cara Menambah Berat Badan Ibu Menyusui

Penggemuk Badan Aman Untuk Ibu Menyusui, KLIK DISINI !

Cara Menambah Berat Badan Ibu Menyusui

Bagi Ibu menyusui, nutrisi dan kebutuhan gizi harus tercukupi dengan baik, sebab akan berpengaruh langsung pada kualitas dan kuantitas air susu ibu atau ASI. ASI yang memiliki kualitas dan kuantitas yang baik dapat mengoptimalkan tumbuh kembang sang buah hati, baik secara fisik maupun mental atau kecerdasan otaknya. Itulah sebabnya Ibu yang menyusui harus memiliki berat badan dan nutrisi yang cukup. Jika ibu berbadan terlalu kurus dan kurang gizi saat menyusui, dapat dipastikan anak pun akan mengalami hal yang sama atau bahan berakibat pada gizi buruk. Tentunya hal ini merupakan hal yang serius yang harus diperhatikan, tidak hanya oleh ibu namun juga ayah, serta anggota keluarga lainnya.

obat gemuk untuk ibu menyusui di apotik

Bagi Anda yang berbadan cenderung kurus, segeralah menaikan berat badan membuat berat badan Anda ideal. Namun, sebelum memutuskan untuk menaikkan berat badan, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu Indeks Massa Tubuh guna mengukur apakah berat badan Anda sudah mencapai berat badan ideal atau mengarah pada kurus. Caranya adalah dengan menghitung Beran Badan (dalam kilogram) dibagi Tinggi Badan (dalam meter) dikuadratkan. Setelah Anda mendapatkan hasilnya, silahkan cocokkan dengan kriteria kategori sebagai berikut:

IMT < 18,5 kg        : Berat badan kurang

IMT 18,5 – 22,9 kg : Berat badan normal

IMT ≥ 23,0 kg        : Berat badan berlebih

IMT 23,0 – 24,9     : Beresiko obesitas

IMT 25,0 – 29,9 kg : Obesitas golongan I

IMT ≥ 30,0             : Obesitas golongan II

Nah, nantinya hasil inilah yang dapat dijadikan pertimbangan, apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum. Anda tahu hasilnya, Anda dapat menjalankan beberapa tips berikut untuk menambah berat badan Anda selama masa menyusui, agar tidak hanya memiliki berat badan yang ideal, namun juga sehat. Berikut tipsnya:

  1. Makan secara teratur sebanyak 3 kali sehari dengan gizi seimbang dan kaya nutrisi, bukan dengan makanan yang tinggi kadar gula dan lemaknya. Makanan sehat yang dapat dipilih, seperti kacang-kacangan, umbi-umbian, buah-buahan, sayur-mayur, sumber protein tanpa lemak, seperti tempe, tahu, dan daging ayam yang dibuang kulitnya.
  2. Makanlah lebih sering. Selain porsi makan besar seperti pada poin nomor 1, hendaknya ibu yang menyusui menambah waktu makan dengan memakan camilan bergizi, seperti roti gandum, biskuit gandum, sereal, juga yang mengandung keju, susu, jus buah, atau smoothies.
  3. Biasakanlah diri untuk berolahraga secara teratur. Biasanya, beberapa jam setelah berolahraga Anda akan merasa lapar, sehingga hal ini akan membuat nafsu makan Anda meningkat yang tentunya akan membuat berat badan Anda bertambah. Di samping itu, olahraga memang penting untuk kesehatan dan menjaga tubuh agar tetap kencang, menaikan massa otot, dan menjaga ketahanan tubuh. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, yang paling penting setiap harinya tubuh dan otot Anda harus dilatih bergerak.
  4. Istirahat yang cukup. Istirahat akan membantu metabolisme tubuh Anda berjalan dengan sempurna kembali dan memperbaharui sel-sel mati dalam tubuh Anda.
  5. Anda juga dapat menambahkannya dengan meminum vitamin atau suplemen untuk menambah berat badan Anda, namun tentunya hal satu ini perlu dikonsultasikan dengan dokter.

Tingkatkan berat badan Anda sewajarnya dan seperlunya saja agar badan anda mencukupi gizi untuk menyusui sehingga cara menggemukan badan bagi ibu menyusui merupakan salah satu cara memperbanyak asi juga. Jika cara-cara tersebut tidak juga menunjukkan hasil, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Terlebih lagi jika Anda sedang dalam fase menyusui anak.