Cara Menambah Berat Badan Tanpa Fitness

Cara Menambah Berat Badan Tanpa Fitness

Menaikkan berat badan kerap dilakukan oleh mereka yang merasa berat badannya berada di bawah ideal. Aneka cara kerap dilakukan, mulai dari mengunjungi pusat kebugaran hingga mengonsumsi aneka suplemen khusus untuk menaikkan berat badan. Namun, pergi fitness ataupun mengonsumsi suplemen akan membutuhkan banyak biaya. Sebagai alternatif yang lebih terjangkau, kita bisa mencoba aneka cara menambah berat tanpa harus pergi ke fitness berikut ini.

Jangan dulu berpikir untuk mengonsumsi suplemen penambah lemak. Ada banyak sumber lemak alami yang bisa kita dapatkan di sekitar kita. Beberapa makanan telah kaya akan sumber lemak ini. Di antaranya adalah minyak sayur, ikan, kelapa, jagung dan aneka makanan lainnya. Kita juga sebaiknya mengonsumsi aneka makanan dengan kandungan nutrisi lengkap. Tujuannya agar badan tak sekadar meningkat berat badannya, namun juga terjaga kesehatannya. Ada anggapan bahwa untuk menaikkan berat badan, kita harus mengonsumsi banyak makanan yang kaya lemak dan karbohidrat dalam jumlah tinggi. Ini justru akan menyebabkan kolesterol naik. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Cara Menambah Berat Badan Tanpa Fitness

Perbanyak konsumsi camilan serta susu. Camilan yang dipilih haruslah camilan sehat seperti kacang-kacangan. Hindari camilan yang dimasak dengan cara digoreng deep fry karena akan dapat menyebabkan kolesterol tinggi di samping banyak mengandung lemak jenuh. Selain camilan, kita juga bisa mengonsumsi susu. Susu kaya akan kalsium dan protein penting yang dibutuhkan tubuh. Tak sekadar menggemukkan badan, susu juga menyehatkan. Dengan hanya mengonsumsi camilan serta susu, berat badan akan naik secara signifikan setelah 3-4 minggu. Cara ini juga tidak sulit, kita bisa menerapkannya di sela-sela waktu makan.

Cara Menambah Berat Badan Tanpa Fitness

Untuk bisa menambah berat badan, tambahkan kalori sehat dalam makanan. Kita tidak harus mengubah pola makan secara drastis, cukup dengan asupan kalori yang tepat. Di antaranya adalah melalui ekstra kacang-kacangan, alpukat, susu full cream, gandum utuh hingga telur. Semuanya sudah cukup dalam mendapat asupan gizi seimbang dan sehat yang baik untuk kesehatan serta membantu kenaikan berat badan.

Pilih aneka makanan yang padat gizi. Hindari fast food dan pilih makanan kaya nutrisi. Di antaranya adalah daging sapi yang rendah lemak, daging ayam tanpa kulitnya serta keju. Untuk pemenuhan karbohidrat, pilih yang rendah glikemik seperti biji-bijian serta beras merah.

Makanlah dalam porsi kecil namun sering. Daripada makan 2-3 kali sehari dalam porsi besar, ubahlah menjadi 5-6 kali dalam porsi kecil.

Terakhir, lakukanlah latihan beban. Latihan ini akan membantu menaikkan berat badan serta membangun otot-otot tubuh. Tubuh akan semakin tampak kencang serta berisi. Latihan berbeda dengan aerobik karena aerobik justru dapat menurunkan berat badan.

Sebelum mulai menjalankan program menaikkan berat badan, ada baiknya apabila kita mengonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Dokter akan membantu dalam menyarankan cara atau metode terbaik sesuai  kondisi kesehatan masing-masing. Memiliki tubuh yang kurus bisa jadi pertanda bahwa terdapat masalah kesehatan yang tidak dapat dikoreksi bahkan apabila telah melakukan perubahan pola makan. Inilah yang membuat langkah konsultasi dengan dokter menjadi perlu agar dapat ditemukan solusi yang tepat. Demikian adalah cara-cara yang bisa dilakukan dalam menaikkan berat badan secara aman dan murah. Cara-cara di atas relatif tidak membahayakan serat dapat dilakukan dengan biaya terjangkau. Semoga uraian tersebut dapat membantu kita dalam menyukseskan program menaikkan berat badan.