Inilah Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Mudah dan Tepat

Anak Anda susah makan? Sebagai orang tua, pasti ada rasa cemas ketika melihat si kecil nafsu makannya berkurang, bahkan anak tidak  mau makan sama sekali. Mungkin Anda menemukan bahwa si kecil mulai pilih-pilih jenis makanan. Tak jarang dia menolak makan makanan yang sudah Anda hidangkan. Padahal, sebagai seorang ibu, Anda ingin nutrisinya terpenuhi dengan baik. Itu karena si kecil sudah memiliki jenis makanan kesukaan yang menurutnya enak.

Cara mengatasi anak susah makan susah-susah gampang. Anda harus mengetahui dulu apa penyebabnya sehingga bisa mencari solusi paling tepat. Berikut ini penyebab anak susah makan.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Penyebab anak susah makan

Pada tahap batita, umumnya seorang anak mengalami masa sulit makan. Itu karena mereka lebih aktif bergerak sehingga minat terhadap makanan berkurang. Mereka lebih cenderung lebih suka bermain. Selain itu, masih ada beberapa penyebab anak susah makan, yaitu:

  1. Bosan dengan menu makanan

Memberikan si anak dengan menu makanan yang itu-itu saja akan membuat dia bosan. Hal ini sama seperti kita orang dewasa, akan merasa malas makan dengan jenis makanan yang sama.

  1. Anak sakit atau sedang sedih

Anak yang sedang sakit atau sedih akan berkurang nafsu makannya. Kalau dia terlihat murung, padahal biasanya ceria dan aktif, bisa saja dia sedang sakit ataupun bersedih. Lalu, hal tersebut bisa berpengaruh terhadap nafsu makan.

  1. Kebanyakan jajan

Anak-anak jaman sekarang lebih senang jajan dibandingkan makan di rumah. Padahal, makanan tersebut belum nilai gizinya belum tentu baik. Belum lagi makanan fast food tidak menyehatkan. Akibat jajanan yang terlalu banyak, perut si kecil akan merasa kenyang sehingga menyebabkan dia malas makan.

  1. Pengaruh kebiasaan orang tua

Hati-hati terhadap kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua. Si anak adalah peniru yang ulung. Secara tidak langsung, dia akan mengamati hal apa saja yang dilakukan oleh orang tua, termasuk kebiasaan makan. Jika dia menemukan orang tua sedang melakukan pola makan diet, bisa saja dia akan terpengaruh sehingga malas makan. Selain itu, perilaku orang tua yang masih menyuapi si anak di usia yang mana sudah bisa makan sendiri akan menyebabkan anak malas makan.

Setelah mengetahui apa saja penyebab anak susah makan, mari kita cari tahu bagaimana cara mengatasi anak susah makan. Sehingga nafsu makan yang hilang, bisa kembali normal lagi.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Mengenali Perilaku Anak

Cara agar anak nafsu makan ialah Anda harus mengenali perilaku anak tersebut. Jadi, Anda bisa melakukan tindakan yang tepat supaya anak yang tadinya susah makan, menjadi memiliki selera makan yang bagus.

  1. Buat Menu Yang Bervariasi

Ada anak yang memilih-milih jenis makanan tertentu. Artinya, dia mau makan hanya dengan menu makanan tertentu. Jelas perilaku seperti ini tidak bagus karena akan membuat nutrisi tidak seimbang.

Untuk mengatasi hal ini coba kenalkan jenis makanan tertentu secara pelan. Biasanya anak akan menolak jenis sayur-sayuran. Untuk menyiasatinya, coba Anda berikan satu jenis sayuran beberapa kali dengan dibikin menu masakan yang menarik dan beragam. Selain menggugah selera, menu yang beragam tidak akan membuat anak merasa bosan. Coba berkreasi membuat makanan dengan kombinasi rasa gurih dan manis agar si anak suka.

  1. Jangan memaksa

Kebanyakan orang tua memaksa anak yang tidak mau makan dengan segala bujuk rayuan. Mungkin Anda juga pernah menggunakan hal ini sebagai cara mengatasi anak susah makan. Tapi, kebanyakan cara ini tidak efektif.

Hal yang seharusnya Anda lakukan ialah bersikap tenang dan tidak memaksa. Anda bisa melakukan pendekatan dengan mencari tahu apa yang membuat dia tidak mau makan. Anda bisa menawarkan alternatif jenis makanan lainnya sebagai pengganti. Jika di awal Anda sudah memaksa, ini akan memberikan kesan buruk terhadap makanan tertentu.

  1. Ajarkan kebiasaan makan secara teratur

Anda bisa menerapkan pola makan secara teratur sebagai cara mengatasi anak susah makan. Anda harus membuat jadwal kapan dia makan camilan dan makanan berat. Berikan makanan tersebut di jam yang sama setiap harinya. Meski si kecil menolak memakan makanan tersebut, setidaknya dia mengerti akan jadwal makannya. Hal ini akan memberikan pengertian bahwa di jam tersebut dia harus makan.

  1. Berikan makanan dalam porsi kecil

Memang benar makanan yang bagus nutrisinya ialah makanan yang terdiri nasi, lauk dan sayur. Tapi, jika anak susah makan, jangan memaksa dia untuk memakan semua jenis makanan tersebut. Anda bisa memberikan jenis makanan tersebut satu per satu, tidak secara bersamaan. Atau, Anda juga bisa memberikan lauk dan sayur secara bersamaan namun kurangi porsinya.

  1. Gunakan alat makan khusus

Untuk menumbuhkan selera makan, ternyata alat makan khusus bisa digunakan lho. Termasuk dalam cara mengatasi anak susah  makan. Sekarang ini, Anda bisa menemukan beragam jenis alat makan dengan desain lucu.

Anda bisa mengajaknya belanja peralatan makan, dan membiarkan dia memilih sesuai dengan seleranya. Piring atau mangkuk yang bergambar tokoh kartun kesukaannya bisa membuat si kecil bersemangat menyambut momen makan.

  1. Berikan camilan sehat

Ada anak tertentu yang sangat susah makan. Anda bisa mengakalinya dengan memberikan camilan sehat. Silahkan isi kulkas dengan beragam makanan yang menyehatkan seperti yoghurt, biskuit gandum, buah segar yang dikeringkan, dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut dapat berperan sebagai pengganti nutrisi.

Itulah beragam cara mengatasi anak susah makan. Sebagai orang tua, Anda harus menggunakan cara yang tepat untuk membuat si kecil doyan makan. Jangan terlalu memaksa ataupun memberikan ancaman terhadapnya jika tidak mau makan. Justru cara seperti ini tidak akan bekerja secara maksimal. Bukannya membuat si kecil mau makan, hal tersebut bisa saja membuat si kecil semakin membenci makanan.

Dampak Anak Susah Makan

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan maksimal menjadi anak yang cerdas. Oleh sebab itu, mereka selalu ingin memberikan yang terbaik, termasuk memberikan makanan sehat bernutrisi lengkap. Tapi pada kenyataanya, umumnya anak susah makan.

Jika anak susah makan dibiarkan berlarut-larut, maka akan memberikan dampak buruk seperti berikut ini:

  1. Kekurangan gizi

Dampak dari susah makan ialah kekurangan gizi atau istilahnya malnutrisi. Ciri-ciri malnutrisi ialah berat dan tinggi badan di bawah normal.

  1. Mudah terkena penyakit

Anak susah makan mudah terkena penyakit. Hal ini karena tubuhnya tidak tercukupi nutrisi yang cukup, seperti vitamin, protein, kalsium dan zat penting lainnya.

  1. Pertumbuhan menjadi terhambat

Selain itu, anak yang susah makan akan mengalami pertumbuhan yang terhambat. Hal tersebut berkaitan dengan berat dan tinggi badan sang anak.

  1. Resiko kematian

Dampak paling buruk ialah mengalami resiko kematian. Anak yang tidak mau makan mengalami resiko kematian 3 kali lebih besar.

Itulah dampak buruk yang bisa saja terjadi jika anak mengalami susah makan. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, marilah kita gunakan cara mengatasi anak susah makan secara tepat sehingga anak memiliki selera makan yang baik. Hal tersebut akan berguna untuk proses pertumbuhan dan perkembangan di masa emasnya. Selamat mencoba ya, parents.