Cara Menggemukan Badan Anak Usia 7-8 Tahun Keatas

Cara Menggemukan Badan Anak Usia 7 – 8 Tahun 

Memiliki buah hati yang memiliki ketertarikan terhadap makanan tentu menjadi idaman banyak orangtua. Faktanya, sebagian besar anak-anak di usia 12 tahun ke bawah mengalami masa rendahnya nafsu makan. Apalagi saat anak sudah kenal dunia sekolah di usia 7-8 tahun. Banyak cara menggemukan badan anak usia 7-8 tahun keatas disarankan oleh para ahli, atau pun dari mereka yang sudah berpengalaman. Namun, tentu saja semuanya kembali lagi pada bagaimana orangtua menerapkan makan sehat dan cukup setiap harinya. Ini dia lima cara untuk membuat anak lebih tertarik dengan makanan di usia tujuh tahun ke atas:

Cara Menggemukan Badan Anak Usia 7 Tahun

  1. Mengenalkan Pentingnya Makan Sejak Dini

Cara pertama yang paling disarankan ialah dengan mengenalkan pada anak seberapa pentingnya kegiatan makan dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini dapat Anda lakukan sedini mungkin. Memang saat si kecil baru belajar makan, mereka cenderung selalu menerima makanan apa pun yang diberikan oleh orangtua karena rasa penasarannya lebih besar. Sementara ketika usia mereka bertambah dan tingkat ketertarikannya bermain lebih tinggi dibanding makan, maka mereka aka lebih sering menolak. Cara menggemukan badan anak usia 7-8 tahun ini sangatlah penting. Coba terapkan teori bahwa, kalau tidak makan makanan sehat dan bergizi, dia akan sakit tidak bisa bermain.

  1. Buat Makanan Tampak Menarik

Selanjutnya, Anda bisa menyajikan makanan si kecil terlihat lebih menarik. Misalnya menyajikan dalam bentuk bento dengan variasi berbeda-beda setiap hari. Bisa dibentuk dengan bentuk-bentuk unik, tetapi familier buat si kecil. Coba pilih kotak makan dan peralatan makan dengan motif gambar karakter favorit mereka. Atau bisa juga dengan warna kesukaan. Cara sederhana seperti ini cukup bekerja baik.

  1. Pilih Bahan Makanan yang Tidak Aneh-Aneh

Banyak sekali orangtua memaksakan anak mereka untuk konsumsi makanan terbuat dari bahan-bahan dengan rasa yang menurut mereka asing, bahkan aneh. Coba pilih bahan makanan yang lebih familiar. Dari mulai pilih sayuran yang dikenal oleh mereka, sampai buah-buahan dengan rasa manis. Pemilihan bahan ini juga bisa menentukan variasi menu. Anda mungkin bisa cari beragam menu dengan bahan-bahan tersebut di media. Sehingga cara menggemukan badan anak usia 7-8 tahun menggunakan pemilihan bahan makanan ini bermanfaat.

  1. Makan Bersama-Sama

Cara keempat ialah dengan makan bersama-sama. Biasanya nafsu makan anak akan lebih meningkat ketika melihat orang lain makan. Biasakan makan bersama-sama seperti saat sarapan, sampai makan malam. Jadikan juga kegiatan makan lebih mengasyikan dan dilakukan di atas meja makan. Selain sebagai cara menggemukan badan anak usia 7 tahun ke atas, cara ini juga menjadi kegiatan pembelajaran otodidak untuk anak agar lebih memakami kesopanan di atas meja makan.

  1. Beri Asupan Tambahan

Kalau Anda merasa berat atau bobot tubuh anak masuk kurang cukup, atau anak hanya mau konsumsi makanan yang itu-itu saja, maka beri asupan tambahan berupa suplemen anak harian untuk melengkapi kebutuhan tubuhnya. Seperti suplemen nutrisi dan serat yang banyak dijual di pasaran.

Sebenarnya, masih banyak cara agar anak memiliki badan gemuk atau ideal di usianya. Tetapi harus lihat juga dari segi faktor genetik dan lingkungan. Anda bisa juga membawa anak ke dokter gizi kalau perlu. Itu dia cara menggemukan badan anak usia 7 – 8 tahun keatas yang mudah diterapkan. Semuanya sederhana dan bisa dilakukan sedini mungkin. Terus awasi kegiatan makan rutin anak Anda setiap hari.

Kemudian Bagaimana Cara Menggemukan Badan Anak Usia 8 Tahun Hal ini pun berlaku bagi anak usia 9, 10, 11,12,13,14,15,16 Tahun keatas dalam usaha untuk menggemukan badan 

Tidak sedikit orangtua merasa khawatir karena menyadari tingkat nafsu makan anak sedang menurun. Banyak faktor penyebab yang membuat tingkat nafsu makan anak menurun. Seperti ketika ia sedang sibuk berkegiatan dengan teman-teman seusianya. Misalnya pada usia 7-8 tahun. Cara menggemukan badan anak usia 8 tahun banyak sekali. Semua bisa dikaitkan dengan faktor penyebab, atau pun menjadi solusi agar tubuh anak lebih ideal (gemuk di batas normal). Sebenarnya, pada beberapa faktor seperti faktor keturunan, cukup sulit untuk diubah. Yang perlu diingat, kurus bukan berarti tidak sehat. Apalagi bila berhubungan dengan gen. Paling penting, Anda perlu pastikan anak selalu rutin konsumsi makanan sehat dengan jumlah cukup setiap hari. Nah, berikut beberapa cara agar anak mau makan sehat dalam jumlah cukup secara rutin.

Hindari Ajarkan Jajan pada Anak

Faktor penyebab utama banyak terjadi mengapa anak di usia sekolah mengalami penurunan nafsu makan adalah karena jajan. Kegiatan jajan memang wajar dilakukan anak-anak. Ditambah di setiap sekolah pasti ada tempat anak untuk membeli makanan dan minuman sendiri. Cara menggemukan badan anak usia 8 tahun pertama ini juga akan menentukan kebiasaannya di hari mendatang. Anak yang sudah dikenalkan jajan sejak kecil, cenderung lebih memilih jajan ketika perutnya terasa lapar, dibandingkan memakan bekal yang sudah disiapkan. Jadi, hindari mengajarkan anak jajan dari kecil.

Bekal Tidak Perlu Banyak

Cara menggemukan badan anak usia 8 tahun kedua adalah dengan memberi bekal makan siang dalam jumlah cukup. Terkadang banyak orangtua yang sengaja membekali anak dengan jumlah takaran saji berlebihan, padahal tahu bahwa nafsu makan anak tidak stabil. Mengapa lebih baik jumlah takaran saji sebatas cukup saja? Karena anak akan merasa malas saat melihat bekal makanan dengan jumlah berlebihan. Selain itu akan timbul perasaan ‘tertekan’ pada mereka. Malah membuat nafsu makannya semakin menurun. Sajikan menu makanan sehat dengan jumlah cukup, serta bervariasi.

Hindari Mengancam Anak

Ini menjadi hal paling banyak dilakukan orangtua yaitu memberi ancaman pada anak yang sulit makan. Padahal, faktor anak tidak nafsu makan berhubungan dengan orangtua. Jadi, hindari seolah menyalahkan anak karena nafsu makan yang menurun. Cara menggemukan badan anak usia 7-8 tahun keatas di usia sekolahnya ialah dengan memberi pengertian pada mereka untuk menghabiskan setiap menu makanan agar tetap bertenaga dan bisa melakukan kegiatan kesukaan mereka. Beri tahu bahwa rasa lapar yang muncul di perut bukan patokan kalau tubuh butuh diisi. Ancaman akan membuat anak semakin malas makan dan merasa kegiatan makan adalah kegiatan ‘menyeramkan’.

Suplemen Tambahan

Satu solusi yang bisa dilakukan para orangtua agar anak lebih gemuk dan memiliki nafsu makan tinggi yaitu dengan memberi suplemen tambahan yang dikonsumsi rutin setiap hari. Suplemen ini bisa berbentuk suplemen nutrisi dan vitamin, minyak, serta, dan lain-lain. Banyak suplemen untuk menaikan nafsu makan anak yang dijual bebas di apotek atau supermarket.

Anda masih ragu dan bingung dalam membuat tubuh anak lebih gemuk atau berisi? Langkah terakhir ialah dengan membawa anak ke dokter untuk berkonsultasi. Terlebih kalau cara menggemukan badan anak usia 7-8 tahun keatas di atas tidak berjalan sesuai harapan. Karena tingkat nafsu makan bisa berhubungan dengan gangguan kesehatan lainnya. Semoga ulasan seputar cara-cara dalam membuat tubuh anak lebih berisi serta meningkatkan nafsu makan anak ini bermanfaat.