4 Cara Menggemukan Badan Wanita Menyusui

4 Cara Menggemukan Badan Wanita Menyusui

Masa menyusui merupakan masa yang krusial bagi setiap wanita yang habis melahirkan. Pada masa ini mereka dituntut untuk memberikan ASI eksklusif sebagai makanan utama bagi bayi. Namun, memberikan ASI eksklusif pada bayi bukanlah perkara yang mudah. Banyak wanita yang mengalami masalah dengan produksi ASI eksklusif yang sedikit, terutama wanita yang baru pertama kali menyusui. Alhasil, bayi terus menangis karena lapar dan berimbas pada wanita menyusui yang stres. Faktor yang menyebabkan produksi ASI eksklusif tidak melimpah adalah berat badan wanita menyusui yang kurang. Wanita menyusui yang terlalu kurus tidak memiliki banyak cadangan zat gizi untuk memproduksi ASI eksklusif. Oleh karena itu, wanita menyusui harus menaikkan berat badannya demi produksi ASI eksklusif yang melimpah. Di bawah ini ada empat cara menggemukan badan wanita menyusui yang dapat dilakukan selama masa menyusui bayi.

caramenggemukanbadanwanitamenyusui

  • Perbanyak Intensitas Makan

Cara menggemukan badan wanita menyusui yang mudah untuk dilakukan adalah menambah intensitas makan sehari-hari. Menambah intensitas makan bagi wanita yang menyusui merupakan cara yang sehat agar tubuh memiliki banyak kalori dan lemak. Lemak dan kalori tersebut membantu wanita menyusui memproduksi ASI eksklusif yang melimpah. Selain itu, wanita menyusui menjadi tetap bertenaga walau air susunya sudah diminum habis oleh bayi. Wanita menyusui disarankan untuk makan sebanyak lima kali sehari dengan makanan yang terdiri dari empat sehat dan lima sempurna.

  • Konsumsi Susu

Wanita menyusui memang dituntut untuk memproduksi ASI eksklusif untuk bayi. Agar produksi ASI eksklusif melimpah, wanita menyusui harus mengonsumsi susu pula. Selain itu, mengonsumsi susu merupakan cara menggemukan badan wanita menyusui yang terbukti ampuh. Susu yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita menyusui adalah susu dengan kandungan kalsium dan lemak yang tinggi. Selain itu, lengkapi kebutuhan kalsium dan lemak dengan camilan yang terbuat dari bahan dasar susu seperti yoghurt dan keju.

  • Perbanyak Istirahat

Cara menggemukan badan wanita menyusui yang paling mudah untuk dilakukan adalah memperbanyak waktu istirahat. Hal ini dikarenakan hari-hari yang dilalui oleh wanita menyusui sangatlah melelahkan. Wanita menyusui dituntut untuk mengurus bayinya selama 24 jam, termasuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi. Tenaga wanita yang menyusui akan terkuras. Sehingga, wanita menyusui mudah sekali kelelahan hingga kehilangan berat badan secara drastis. Oleh karena itu, wanita menyusui harus menjaga berat badannya dengan cara memperbanyak istirahat. Dalam sehari tidurlah selama enam sampai dengan delapan jam. Ikutlah tidur ketika bayi sedang tertidur. Selain itu, jangan lakukan semua aktivitas seorang diri. Mintalah bantuan kepada suami, orang tua, atau asisten rumah tangga untuk bergantian menjaga bayi atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

  • Lakukan Olahraga

Cara menggemukan badan wanita menyusui yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olehraga merupakan aktivitas yang membantu tubuh mengeluarkan racun. Sehingga, tubuh wanita menyusui menjadi lebih bugar, tidak mudah lelah, dan tidak mudah sakit. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan nafsu makan agar berat badan wanita menyusui selalu terjaga. Olahraga yang dapat dilakukan oleh wanita menyusui adalah lari, senam aerobik, pilates, dan yoga.

Cara meningkatkan berat badan untuk wanita menyusui yang dijelaskan di atas memang terbukti ampuh dalam menambah berat badan. Namun, yang tidak kalah pentingnya dalam meningkatkan berat badan bagi wanita menyusui adalah komitmen untuk tetap konsisten melakukan cara-cara tersebut.