Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Mudah dan Cepat

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Mudah dan Cepat

Stretch mark adalah guratan pada kulit yang berwarna merah atau putih pada permukaan kulit. Stretch mark ini biasa terjadi pada wanita hamil akibat adanya peregangan kulit.  Akan tetapi, stretch mark juga bisa terjadi pada laki-laki yang mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan. Selain itu, penyebab stretch mark sendiri ialah konsumsi obat-obatan yang mengandung steroid tinggi, penurunan berat badan secara drastis dan kekurangan nutrisi.

Stretch mark berbeda dengan selulit. Meski banyak orang awam yang menganggap keduanya sama. Perbedaannya ialah stretch mark merupakan peregangan kulit yang berlebihan, sedangkan selulit ialah penumpukan lemak.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Meski bukan merupakan penyakit yang serius, memiliki stretch mark membuat percaya diri terganggu. Apalagi jika stretch mark muncul pada bagian tubuh yang tidak tertutupi. Jika saat ini Anda mengalami stretch mark, simak cara menghilangkan stretch mark dengan mudah dan cepat berikut ini.

Sebenarnya, ada dua cara dalam menghilangkan stretch mark. Yang pertama secara medis, dan yang kedua ialah secara alami. Untuk pengobatan secara alami, Anda bisa menggunakan salep dan krim yang bisa dioleskan pada area kulit yang terkena stretch mark. Sementara cara alami ialah memanfaatkan tanaman-tanaman dari alam.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Medis

Apabila Anda ingin menghilangkan stretch mark secara medis, berikut ini caranya:

  • Menggunakan salep

Anda bisa menemukan salep penghilang stretch mark yang dijual di apotek ataupun supermarket. Ada banyak pilihan merek. Namun, kebanyakan salep tersebut hanya mampu menyamarkan stretch mark, bukan menghilangkan secara total.

  • Laser

Jika ingin stretch mark benar-benar hilang dengan sempurna, Anda bisa menggunakan laser. Hasilnya memang sangat memuaskan. Namun, Anda perlu menyiapkan dana yang besar jika ingin menggunakan langkah ini untuk menghilangkan stretch mark. Treatment ini harus dilakukan secara rutin karena jika Anda berhenti di tengah jalan, stretch mark bisa saja timbul kembali.

  • Lotion

Anda bisa menggunakan lotion untuk menghilangkan stretch mark pada kulit. Cara kerjanya, stretch mark akan hilang secara perlahan. Anda butuh kesabaran dalam hal ini karena stretch mark tidak hilang dalam waktu sekejap. Anda harus menggunakan lotion tersebut setiap hari agar kulit mengalami perbaikan secara signifikan.

  • Krim asam retinoat

Krim asam retinoat bisa menghilangkan stretch mark dengan efektif. Krim ini akan membuat produksi kolagen pada kulit meningkat sehingga lama kelamaan stretch mark memudar dengan sendirinya.

Sebelum memilih langkah menghilangkan stretch mark di atas, pastikan sesuaikan dengan kebutuhan dan bugdet yang Anda miliki. Pertimbangkan juga tingkat keamanan dari langkah medis tersebut. Misalnya, jika Anda memilih salep, pastikan salep atau krim penghilang stretch mark tersebut sudah memiliki ijin edar dari BPOM sehingga aman digunakan.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara alami

Selain menggunakan cara medis, anda bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan stretch mark. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan sehingga Anda tidak akan kerepotan untuk mendapatkannya. Yang terpenting ialah Anda mau melakukan perawatan secara rutin agar hasilnya maksimal. Berikut ini cara menghilangkan stretch mark secara alami yang dapat Anda lakukan:

  1. Menggunakan Minyak Vitamin E

Anda bisa memanfaatkan minyak vitamin E untuk menghilangkan stretch mark. Vitamin E memang sangat bagus untuk perawatan kulit. Pakailah minyak vitamin E secara rutin agar hasilnya bisa optimal.

  1. Menggunakan minyak jarak

Minyak jarak bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Itu karena ada kandungan vitamin E sehingga bisa meregenerasi kulit dengan optimal. Cara menggunakan minyak jarak sangat mudah karena cukup dioleskan pada area kulit yang terdapat stretch mark. Oleskan sehari 2 kali.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang bermanfaat menjaga kadar air di dalam kulit. Selain itu, ada zat polifenol sebagai antioksidan sehingga bisa meregenerasi kulit rusak. Itulah sebabnya minyak zaitun bisa menghilangkan stretch mark yang sangat mengganggu. Cara menggunakannya ialah campurkan minyak zaitun dengan 1 sendok teh madu, lalu oleskan pada permukaan kulit. Lakukan hal ini secara rutin, maka stretch mark akan hilang.

  1. Cocoa butter

Cocoa butter bisa menghilangkan stretch mark pada kulit. Ada kandungan kalsium, seng, besi, mangan, potasium, tritophan, dan serotonin serta vitamin E. Kandungan tersebut bisa melembabkan, melembutkan dan menangkal sinar radikal bebas. Gunakan cocoa butter dua kali sehari untuk mengatasi stretch mark.

  1. Bubuk cokelat

Anda bisa menggunakan bubuk cokelat untuk menghilangkan stretch mark. Cara menggunakan begitu mudah. Langkahnya ialah buat pasta yang terbuat dari bubuk coklat yang dicampur dengan sedikit air. Gunakan paste tersebut untuk dioleskan ke permukaan kulit yang terdapat stretch mark. Lakukan secara rutin dua kali sehari sampai stretch mark tak terlihat.

  1. Lidah buaya

Anda bisa mengambil bagian gel pada lidah buaya untuk menghilangkan stretch mark. Gel tersebut akan membuat  kulit tetap elastis dan kenyal sehingga stretch mark hilang secara perlahan. Selain menghilangkan stretch mark, gel lidah buaya juga bisa bermanfaat mengobati kulit terbakar.

Cara menggunakan ialah ambil gel pada lidah buaya. Kemudian, oleskan gel tersebut pada permukaan kulit. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu, cuci menggunakan air bersih.

  1. Putih telur

Banyak yang sudah tahu bahwa putih telur mengandung protein tinggi. Zat tersebut sangat bagus sebagai lotion alami untuk menghilangkan stretch mark. Memang, Anda harus tahan terhadap bau amisnya. Tapi tenang, untuk meminimalisir bau amis tersebut, Anda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis sekitar 1 sendok makan. Nantinya, aroma amis akan memudar.

  1. Kentang

Kentang memiliki kandungan antibiotik alami yang bisa membantu proses regenerasi kulit. Antioksidan yang terdapat pada kentang akan membantu menghilangkan stretch mark. Cara menggunakan kentang sangat mudah. Langkah yang perlu dilakukan ialah rebus kentang kemudian haluskan. Campur dengan 2 sendok makan susu hingga berbentuk pasta. Gunakan untuk dioleskan pada stretch mark. Biarkan selama kurang lebih 30 menit lalu cuci dengan air bersih.

  1. Lemon

Lemon berfungsi sebagai antioksidan karena mengandung vitamin C. Selain itu, ada kandungan asam hidroksi yang bisa menangkal sinar radikal bebas. Anda bisa memanfaatkan lemon untuk menghilangkan stretch mark pada kulit.

  1. Minum air mineral

Sangat dianjurkan bagi kita untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya. Bagusnya, seseorang minum air putih 8 gelas sehari. Ternyata, jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi, hal ini akan mencegah terjadinya penurunan elastisitas kulit. Hal ini akan mempercepat proses regenerasi kulit. Untuk menghilangkan stretch mark, coba minum 8 gelas air mineral secara rutin.

  1. Lakukan olahraga secara rutin

Olahraga bisa menjadi suatu cara untuk menghilangkan stretch mark. Ketika kita berolahraga, kulit akan mengencang secara alami. Hal ini membuat stretch mark bisa hilang secara otomatis.

Itulah beragam cara menghilangkan stretch mark yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih menggunakan cara yang mana untuk memudarkan stretch mark secara optimal.