Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami, Mudah dan Efektif

Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami, mudah dan efektif

Apa itu asam lambung?

Asam lambung merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Yang dimaksud dengan esofagus merupakan kerongkongan merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung ini merupakan penyakit yang umum di masyarakat. Banyak gejala yang dihasilkan ketika sakit asam lambung. Cara mengobati asam lambung secara alami akan membantu anda menyembuhkan penyakit asam lambung anda dengan aman dan efektif.

Penyebab terjadinya penyakit asam lambung

Semua penyakit termasuk asam lambung tentu memiliki penyebab yang bisa memicu datang nya penyakit tersebut. Agar anda bisa terhindar dari penyakit yang menyusahkan seperti asam lambung ini, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu kira- kira apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit asam lambung. Jika anda memang sudah terlanjur terkena asam lambung makan sebaiknya anda ke dokter atau mencari cara mengobati asam lambung secara alami. Berikut merupakan beberapa penyebab terjadinya asam lambung.

Baca Juga : Manfaat Chamomile yang Luar Biasa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Kelebihan berat badan atau terjadinya obesitas

Orang yang berbadan gemuk memiliki tekanan yang lebih tinggi di dalam lambungnya dibandingkan dengan orang yang berat badannya ideal. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak

Makanan berlemak memerlukan waktu pencernaan lebih lama di dalam perut sehingga asam lambung yang diproduksi akan lebih banyak dan resiko untuk naik kembali ke esofogus juga lebih tinggi.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi kopi

Mengonsumsi kopi, cokelat, atau alkohol serta suka merokok dapat menyebabkan otot LES menjadi rileks sehingga asam lambung dapat naik kekerongkongan.

  1. Diabetes

Menderita penyakit diabetes juga memiliki kesempatan besar untuk memiliki penyakit asam lambung. Kadar gula yang tinggi merusak saraf yang mengendalikan otot perut. Akibatnya makanan akan tinggal diperut lebih lama. Kondisi ini memberi asam lambung kesempatan untuk naik kekerongkongan.

  1. Diet ketat

Diet yang tidak memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh akan membuat produksi asam lambung terganggu. Orang yang sedang diet biasanya memiliki asam lambung yang lebih tinggi di bandingkan dengan mereka yang tidak melakukan diet.

  1. Konsumsi makanan yang terlalu pedas

Konsumsi makanan yang terlalu pedasĀ  bisa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri pada lambung. Makanan pedas akan sangat mudah dalam meningkatkan asam lambung anda. Maka dari itu berhati- hatilah anda ketika ingin memakan makanan yang pedas.

  1. Waktu makan yang tidak teratur

Orang yang sering makan tidak teratur dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga hal ini juga bisa meningkatkan produksi asam lambung.

Baca Juga : Jadwal Makan Untuk Menambah Berat Badan

Gejala gangguan asam lambung yang sering terjadi

Orang yang memiliki penyakit asam lambung tentu akan merasa kurang nyaman dengan kondisi perutnya. Bisa jadi gejala tersebut adalah mual, dan nyeri. Jika seseorang sudah mengalami rasa yang tidak nyaman di lambungnya, kebanyakan mereka akan mencari cara mengobati asam lambung secara alami, namun jika memang dirasa sudah sangat parah maka sebaiknya anda segera menemui dokter kepercayaan anda. Berikut ini merupakan beberapa gejala asam lambung yang biasa terjadi.

  • Merasakan sesuatu yang tidak nyaman di perut seperti anteri, kembung, dan bahkan panas.
  • Sering mengeluarkan gas lewat sendawa.
  • Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, mual, dan muntah.
  • Nafsu makan yang turun karena perut selalu merasa kenyang.
  • Perut terasa lapar namun perut tidak merasa nyaman ketika sudah makan, bahkan hal ini juga bisa terjadi ketika baru saja selesai makan, perut akan merasa lapar lagi.
  • Tubuh terasa lemah dan mudah terserang penyakit.

Cara mencegah naiknya asam lambung

Sebelum kita ke pembahasan mengenai cara mengobati asam lambung secara alami maka terlebih dahulu kita mengetahui apa saja yang dapat mencegah terjadinya asam lambung yang naik, berikut ulasannya.

  1. Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak sulit untuk dicerna oleh tubuh sehingga makanan akan lebih lama di dalam perut. Bila makanan memperlambat sistem pencernaan maka hal ini akan membuat naiknya asam lambung.

  1. Hindari makanan asam

Makanan asam dapat meningkatkan asam di dalam lambung, oleh karena itu hindarilah makanan yang asam seperti nanas dan saus tomat.

  1. Kurangi semua jenis bawang

Bawang putih bisa membuat sakit perut dan kembung. Oleh karena itu bawang putih apalagi jika dikonsumsi mentah maka bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

  1. Jauhi makanan pedas

Makanan pedas bisa membuat sakit perut. Beberapa contoh makanan pedas antara lain paprika, cabai, dan saus pedas. Jika anda rentan terhadap asam lambung maka sebaiknya anda membuat kondisi perut anda selalu nyaman.

  1. Kurangi minuman berkarbonasi

Minuman ini dapat menyebabkan terbentuknya tekanan di bagian dalam perut. Kondisi ini dapat mendorong isi perut kembali ke esofagus sehingga menyebabka kenaikan asam lambung.

Cara mengobati asam lambung secara alami yang mudah dan efektif

Jika asam lambung sudah terlanjur menyerang lambung anda, maka satu- satunya hal yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengobatinya. Berikut merupakan cara mengobati asam lambung secara alami dengan mudah dan efektif.

  1. Konsumsi susu rendah lemak

Konsumsi susu rendah lemak akan membantu mengatasi asam lambung anda. Susu termasuk minuman alkali yang bisa membuat perut menjadi lebih nyaman dan membantu PH tubuh alami sehingga bisa membuat penyebaran asam dalam perut menjadi lebih rendah.

  1. Makan manisan jahe

Manisan jahe dapat membantu menurunkan asam lambung secara alami. Jahe megandung senyawa seperti gingerol yang akan bekerja untuk membuat lambung dan perut menjadi lebih nyaman. Meskipun manisan jahe memiliki rasa yang pedas namun manisan ini aman untuk lambung anda.

  1. Minum teh chamomile

Teh jenis ini sangat baik untuk penderita gangguan asam lambung. Teh ini bisa menurunkan asam dan membuat lambung bisa bekerja secara normal. Bahkan teh chamomile ini bisa membantu membuang gas dalam perut akibat asam yang terlalu tinggi.

  1. Hindari buah asam dan panas

Buah asam seperti buah nanas, jeruk, lemon, dan limau dapat menyebabkan asam lambung lebih buruk lagi. Oleh karena itu lebih baik untuk menghindari buah tersebut ketika asam lambung anda naik.

  1. Makan sayuran yang baik untuk lambung

Beberapa jenis sayuran bisa mempercepat penyembuhan asam lambung anda. sayuran sangat baik untuk lambung karena hal ini bisa membuat lambung menerima makanan lebih lembut dan menjadi nyaman. Beberapa sayuran yang disarankan yaitu kentang, wortel, kubis, brokoli, kacang panjang.

  1. Minum air mineral yang cukup

Asam lambung terkadang membuat orang malas untuk minum air. Namun tahukan anda jika kekurangan air maka asam lambung dapat mengalami peningkatan. Sebaiknya ketika asam lambung naik, anda tetap mengkonsumsi air mineral yang cukup yaitu sekitar 6 sampai 8 gelas per hari.