X

5 Resep Jamu Pengemuk Badan Paling Ampuh Aman Dan Alami

5 Jamu Pengemuk Badan Paling Ampuh Aman Dan Alami

Memiliki tubuh yang ideal adalah mimpi bagi hampir semua orang yang tinggal di negara manapun. Dengan tubuh yang ideal, kepercayaan diri seseorang akan meningkat. Ia pun akan mudah bergaul dengan rasa percaya diri yang tinggi. Bagi yang memiliki kelebihan berat badan, mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk menurunkan berat badan mereka. Sebaliknya, orang-orang yang terlalu kurus akan berusaha untuk menaikkan berat badan mereka. Dari dua upaya tersebut, banyak orang yang mengakui bahwa menaikkan berat badan senderung lebih sulit. Lalu, upaya apa yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan berat badan? Anda bisa menggunakan jamu tradisional. Resep jamu penggemuk badan ampuh akan dijelaskan pada uraian berikut ini. Langsung saja ikuti pembahasan lengkapnya berikut ini.

Lima Resep Jamu Pengemuk Badan Paling Ampuh

Memang benar, ada banyak produk penggemuk badan instan yang beredar di pasaran. Akan tetapi, Anda tetap harus waspada dan hati-hati apabila membeli produk kimia penggemuk badan. Sebagian besar produk penggemuk badan mengklaim bahwa produknya aman untuk dikonsumsi. Di sisi lain, belum ada ijin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan tentang peredaran obat tersebut. Bukannya gemuk, Anda justru berpotensi terserang berbagai penyakit. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba resep jamu penggemuk badan ampuh berikut ini.

  1. Kunyit

Salah satu tanaman herbal yang bermanfaat untuk membantu proses penggemukan badan adalah Kunyit. Bumbu rempah-rempah ini memang punya banyak manfaat. Selain digunakan sebagai bahan kosmetik dan obat-obatan, kunyit juga bisa dijadikan suplemen alami untuk menggemukkan badan. Tentu saja dengan mengkombinasikannya dengan bahan-bahan pelengkap lainnya. Resep membuat jamu penggemuk badan dari kunyit adalah sebagai berikut.

 

Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah dua ruas kunyit dan setengah butir kelapa tua. Cuci kedua bahan tersebut lalu parut secara terpisah. Peras kunyit untuk diambil  sarinya. Peras daun kelapa dengan menambahkan sedikit air untuk diambil santannya. Campur kedua bahan tersebut, lalu rebus sampai mendidih. Anda bisa mendiamkan jamu tersebut selama beberapa saat sampai hangat. Anda juga bisa mendiamkannya sampai dingin. Akan tetapi, jamu kunyit ini lebih nikmat dikonsumsi saat masih hangat. Supaya proses penggemukan badan bisa lebih cepat, Anda bisa mengonsumsi jamu kunyit ini setiap hari.

 

  1. Kunyit dan Daun Pepaya

Resep jamu penggemuk badan ampuh selanjutnya masih menggunakan bahan dasar kunyit. Kali ini, kunyit dicampur dengan daun pepaya. Daun pepaya diyakini bisa menambah nafsu makan seseorang. Jika nafsu makan meningkat, kemungkinan besar seseorang tersebut akan mengalami kenaikkan berat badan. Selain daun pepaya, bahan pelengkap lainnya yang Anda butuhkan adalah santan kelapa serta gula aren agar rasanya lebih nikmat dan manfaatnya lebih mujarab. Resep jamu tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah 1 ruas kunyit, 2 – 3 lembar daun pepaya, setengah butir kelapa, gula aren secukupnya. Pertama-tama, cuci bersih kunyit, daun pepaya, dan kelapa sampai bersih. Parut kunyit dan daun kelapa sampai halus, tambahkan setengah liter air, lalu ambil sarinya. Setelah itu, parut juga setengah butir kelapa dan tambahkan air untuk mendapatkan santannya. Campur bahan-bahan tersebut lalu rebus hingga mendidih. Tambahkan sedikit gula aren untuk melezatkan rasa. Aduk-aduk sampai gula aren larut seluruhnya. Lalu, diaman hingga hangat. Jamu gemuk tradisional ini aman dikonsumsi sehari-hari. Dosis penggunaan jamu ini adalah 3x sehari.

 

  1. Temulawak

Temulawak adalah tanaman herbal yang sudah sejak dulu dipercaya sebagai bahan inti untuk jamu penggemuk badan. Bahan alami ini sangat cepat untuk meningkatkan berat badan. Temulawak pun sudah dipastikan aman dan tanpa efek samping apa pun. Untuk membuat jamu dengan bahan dasar temu lawak, Anda bisa menambahkan gula aren agar rasa jamunya tidak terlalu pahit.

Untuk membuat jamu penggemuk badan dari temulawak, siapkan temulawak secukupnya, lalu parut hingga lembut. Tambahkan sedikit air matang untuk memeras sari temulawak. Setelah itu, tuang sari temulawak ke dalam gelas. Tambahkan sedikit gula aren agar rasanya lebih lezat. Aduk-aduk sampai gula larut. Jamu pun siam dikonsumsi. Jamu Temulawak ini bisa Anda konsumsi sehari sekali. Dengan teratur mengonsumsi jamu ini, berat badan Anda akan naik secara perlahan.

 

  1. Brotowali

Sama seperti temulawak, brotowali adalah tanaman herbal yang bermanfaat untuk membantu proses penggemukan badan. Rasa brotowali ini sangat pahit. Dengan rasa yang sangat pahit ini, nafsu makan Anda akan meningkat. Inilah salah satu alasan mengapa brotowali kerap dijadikan sebagai obat penggemuk badan super ampuh. Selain dapat meningkatkan nafsu makan, brotowali juga bisa membantu mesterilkan tubuh dari zat-zat beracun yang berbahaya. Lalu, bagaimana cara membuat jamu dari brotowali?

Pertama, siapkan batang tanaman brotowali lalu cuci hingga bersih. Setelah dicuci, rebus batang brotowali dengan 4 gelas air. Rebus terus hingga air tersisa hanya 2 gelas. Setelah itu, campurkan gula aren secukupnya. Diamkan jamu ini hingga hangat atau dingin. Jamu pun siap dikonsumsi. Ramuan herbal tradisional untuk menggemukkan badan ini bisa dikonsumsi 3 kali sehari. Semakin rutin Anda mengonsumsi jamu ini, maka khasiatnya akan semakin nyata.

 

  1. Jahe

Jahe biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu penyedap makanan. Selain itu, tanaman herbal ini juga banyak dijadikan sebagai bahan obat-obatan. Kali ini, jahe pun dimanfaatkan sebagai jamu untuk menggemukkan badan. Tak banyak orang yang mengetahui bahwa jahe juga bisa digunakan sebagai suplemen penambah berat badan dan juga penambah otot. Membuat sendiri suplemen yang akan Anda konsumsi tentu lebih aman dan berkhasiat.

Untuk membuat ramuan penggemuk badan dari jahe, Anda membutuhkan 1 ruas jahe berukuran sedang dan gula arep secukupnya. Pertama-tama, cuci bersih jahe sampai tidak ada tanah yang menempel pada jahe. Setelah itu, tumbuk-tumbuk kasar. Rebus 2 gelas air di panci, kemudian masukkan jahe yang sudah dimemarkan. Rebus hingga air tersisa setengahnya. Setelah itu, masukkan gula aren dan aduk hingga rata. Diamkan beberapa saat agar jamu hangat dan siap untuk dikonsumsi. Ramuan obat herbal penggemuk badan ini bisa dikonsumsi rutin satu kali sehari pada malam hari.

Itulah jamu tradisional alami yang bisa Anda gunakan untuk menggemukkan badan secara cepat. Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, tubuh yang terlalu kurus memang sangat rentan terserang berbagai gangguan kesehatan.

 

Risiko Kesehatan Orang yang Terlalu Kurus

Kurus itu bukan berarti sehat. Mereka yang memiliki berat badan jauhd ari normal justru beresiko terkena berbagai penyakit. Setidaknya, ada 6 masalah yang mengancam pemilik tubuh kurus. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

 

  1. Gangguan Jantung dan Arthritis

Penelitian dari Mayo Clinic menunjukkan bahwa perempuan yang terlalu kurus memiliki risiko tiga kali lebih rentan mengalami serangan jantung pada usia 42 tahun. Selain itu, lemak yang sangat sedikit pada area persendian juga memicu munculnya Arthitis (radang sendi). Radang sendiri akan menyebabkan risiko penyombatan pembuluh daran menuju jantung. Oleh karena itu, seseorang akan lebih beresiko terkena serangan jantung.

 

  1. Patah Tulang

Lemak menjadi zat yang sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan esterogen dan hormon seks perempuan. Lemak juga berguna untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Jika lemak terlalu sedikit, makin sedikit pula hormon esterogen yang berhasil dihasilkan. Hal ini bisa membuat tulang lebih rabuh karena sedikitnya massa tulang.

 

  1. Keguguran

Menurut penelitian dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, perempuan yang memiliki badan terlalu kurus mempunyai risiko keguguran sebanyak 72 persen lebih besar di trimester pertama kehamilan. Tubuh yang terlalu kurus pada perempuan hamil juga akan membuatnya merasakan morning sickness ketika hamil muda.

 

  1. Kualitas Sperma Kurang Bagus

Indek massa tubuh yang kurang ideal sangat mempengaruhi komposisi hormon di dalam tubuh pria. Hal tersebut mengakibatkan produksi sperma menjadi berkurang. Tak hanya itu, kualitas sperma yang berhasil diproduksi pun kurang bagus. Hal ini menyebabkan sperma tidak bisa membuahi sel telur. Suami yang terlalu kurus kemungkinan besar akan susah menghasilkan keturunan.

 

  1. Anemia

Seseorang yang memiliki berat badan jauh di bawah normal akan sering merasa kelelahan. Menurunnya energi dan mudah lelah adalah gejala umum penyakit anemia. Apabila kondisinya sudah semakin buruk, gejala lain yang akan muncul adalah detak jantung tidak teratur, sering pusing dan sakit kepala, serta sesak napas. Selain disebabkan oleh tubuh yang terlalu kurus, anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan sel darah merah, zat besi, folat, dan vitamin B12.

 

  1. Sakit Paru-Paru

Paru-paru kronis, seperti asma, bronkitis, dan peneumonia, lebih banyak menyerang para perempuan berusia lanjut dengan berat badan yang dibawah rata-rata. Tubuh yang terlalu kurus menyebabkan perempuan usia 50 tahun ke atas kekurangan produksi adipokin. Adipokin sendiri adalah sel-sel yang diproduksi di lemak yang tugasnya membantu membuat daya tahan tubuh tetap prima.

Itulah risiko yang akan Anda alami jika memiliki tubuh yang terlalu kurus. Pria dan wanita memiliki risiko kesehatan yang mengancam mereka apabila berat badannya di bawah nilai ideal. Supaya penyakit di atas tidak menghantui Anda terus menerus, disarankan untuk mengonsumsi jamu penggemuk badan ampuh. Resepnya sudah dijelaskan dengan rinci pada uraian di atas. Anda pun bisa mencoba resep di atas tanpa bingung-bingung lagi. Sampai saat ini, cara terbaik yang paling disarankan untuk menambah berat badan adalah dengan cara-cara yang alami seperti menggunakan jamu.

Faktor keturunan menjadi salah satu penyebab mengapa tubuh seseorang bisa sangat kurus. Akan tetapi, Anda tidak boleh menyerah. Meskipun Anda mewarisi genetik yang mana Anda sangat susah gemuk, Anda tetap harus mengusahakan berbagai hal agar berat badan tubuh menjadi ideal. Usaha yang dilakukan terus menerus akan membuat berat badan Anda bertambah drastis meskipun Anda punya keturunan kurus.

Selain menggunakan jamu penggemuk badan ampuh, usaha menambah berat badan ini bisa dilakukan juga dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat, tidur secara teratur, kurangi konsumsi alkohol, dan perbanyak intensitas makan. Demikian adalah ulasan lengkap mengenai resep jamu penggemuk badan dan risiko jika mempunyai tubuh yang terlalu kurus. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Ingin Gemuk :