20 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu atau nektar adalah cairan berwarna coklat yang dihasilkan oleh hewan lebah. Madu terdiri dari air, glukosa dan fruktosa. Glukosa alami inilah yang membuat rasanya manis dan lezat. Madu memiliki banyak manfaat. Itu karena madu memiliki zat istimewa yang sangat bagus bagi tubuh. Tak hanya bagus untuk kesehatan, manfaat madu juga untuk kecantikan. Apa sajakah manfaat madu yang jarang diketahui orang? Yuk kita simak.

Manfaat Madu untuk kesehatan

  1. Untuk kecantikan dan kesehatan kulit

Manfaat madu yang paling utama ialah untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Madu bisa meregenerasi kulit karena terdapat kandungan antiseptik, zat pelembab, potasium, kalsium dan magnesium. Seorang tokoh terkenal di masa lalu Cleopatra sudah menggunakan madu untuk perawatan kulit.

  1. Dapat menghilangkan jerawat

Anda memiliki jerawat membandel? Sudah menggunakan kosmetik penghilang jerawat, bukannya hilang malah tambah parah? Duh, pasti rasanya sebel banget ya. Belum lagi, bekas jerawat yang membuat kulit wajah tak mulus lagi. Jika mengalami hal ini, coba gunakan madu sebagai solusi menghilangkan jerawat. Madu bisa mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri penyebab jerawat karena mengandung anti bakteri.

Caranya yaitu oleskan madu pada kulit wajah yang berjerawat, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai jerawat benar-benar bisa diatasi.

  1. Untuk mengobati infeksi pada luka

Jika Anda memiliki infeksi luka, coba gunakan madu untuk mengobatinya. Manfaat madu yang satu ini belum banyak yang tahu. Madu bisa menghambat pergerakan bakteri yang ada pada luka tersebut, sehingga proses regenerasi sel baru bisa lebih cepat.

  1. Sebagai pengawet makanan

Daripada menggunakan bahan pengawet kimia, sebaiknya Anda gunakan madu saja. Rasa manis yang dimiliki madu bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti gula, misalnya untuk membuat kue. Selain rasanya yang enak, makanan yang menggunakan tambahan madu akan terlihat segar dan lezat. Ada zat antibiotik alami pada madu. Anda tidak perlu menambahkan pengawet makanan lagi.

  1. Dapat meredakan sakit radang tenggorokan

Manfaat  madu ialah bisa meredakan sakit radang tenggorokan. Madu bisa membersihkan dahak yang ada pada tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi madu untuk meredakan penyakit tersebut.

  1. Membuat panjang umur

Manfaat madu bisa membuat panjang umur memang fakta. Orang yang rajin minum madu setiap pagi akan memiliki umur lebih panjang dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi madu. Ini karena kesehatan tubuh akan terjaga dengan baik, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Mencegah kanker dan penyakit jantung

Kanker dan jantung menjadi penyakit paling mematikan. Madu memiliki kandungan flavoid yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, zat tersebut juga dapat menghindarkan Anda dari risiko terkena penyakit jantung.

  1. Untuk meningkatkan daya ingat

Manfaat madu sangat bagus untuk siapa saja, bahkan untuk anak. Berikan anak Anda madu murni secara rutin agar daya ingatnya meningkat.

  1. Sebagai sumber nutrisi yang lengkap

Madu memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh sebab itulah, madu bisa digunakan sebagai sumber nutrisi yang lengkap bagi tubuh Anda.

  1. Untuk meningkatkan kesuburan

Sepasang suami yang ingin memiliki momongan sebaiknya rutin minum madu. Sebab, madu bisa meningkatkan kesuburan.

  1. Dapat mencegah penyakit diabetes

Banyak orang terkena diabetes, karena gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit ini membuat seseorang tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah karena hormon insulin di dalam tubuhnya tidak berfungsi normal. Salah satu hal yang menyebabkan penyakit diabetes ialah terlalu banyak mengonsumsi gula.

Nah, Anda bisa menggunakan madu sebagai pengganti gula untuk tetap bisa merasakan rasa manis. Madu memiliki glukosa alami yang aman bagi tubuh.

  1. Baik untuk saluran pencernaan

Pada saluran pencernaan manusia, terdapat bakteri baik yang hidup di usus besar. Madu bisa meningkatkan jumlah bakteri baik yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan. Pada madu terdapat bakteri bifidobakteria dan lactobacillus. Bakteri tersebut bisa melindungi dari bakteri buruk yang bisa menyebabkan diare, ataupun penyakit sistem pencernaan lainnya.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, Anda bisa mengonsumsi madu secara rutin. Misalnya, sehari sekali pada pagi hari.

  1. Dapat meningkatkan stamina

Manfaat madu lainnya ialah bisa meningkatkan stamina tubuh. Atlet Yunani pada jaman dulu banyak yang menggunakan madu untuk meningkatkan stamina tubuh sebelum bertanding. Sebuah studi yang dilakukan pada 39 atlet, terbukti mereka yang mengonsumsi madu memiliki stamina lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mendapat asupan protein dari madu. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit, cobalah untuk mengonsumsi madu setiap pagi secara rutin.

  1. Dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh

Manfaat madu bisa menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Hati-hati terhadap kolesterol jahat karena bisa menyebabkan pembuluh arteri tersumbat yang membuat penyakit jantung dan resiko stroke.

Anda bisa menggunakan madu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar aman dari resiko penyakit tersebut. Madu memiliki senyawa aktif dan antioksidan yang berfungsi baik dalam hal ini. Bahkan, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kadar kolesterol pada seseorang yang rutin minum madu, bisa turun sampai 8%.

  1. Dapat meredakan demam

Hati-hati terhadap demam tinggi. Ini bisa menjadi indikasi adanya suatu penyakit tertentu. Demam tinggi bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang dan penyakit komplikasi lain bila terjadi pada anak-anak. Karena madu  mengandung zat anti inflamasi,  maka bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi demam. Coba minum satu sampai dua sendok madu dengan air hangat untuk menurunkan demam yang tinggi.

  1. Dapat mengobati Arthritis

Penyakit Arthritis merupakan radang sendi yang teramat sakit. Manfaat madu bisa mengatasi penyakit radang sendi sehingga rasa sakit akan berangsur-angur berkurang.

  1. Dapat menguatkan akar rambut

Rambut hitam, kuat dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Madu bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut Anda sehingga tidak mudah rontok. Caranya yaitu campurkan madu dengan gel lidah buaya. Lihat hasilnya, rambut akan menjadi lembut, kuat dan lembab.

  1. Menurunkan berat badan berlebih

Memiliki badan gemuk selain membuat penampilan kurang menarik, juga bisa menyebabkan resiko berbagai penyakit. Bagi Anda yang ingin melakukan program penurunan berat badan alias diet, coba konsumsi madu sebagai pengganti gula. Madu mempunyai indeks glikemiks yang lebih rendah jika dibandingkan dengan gula. Semakin tinggi indeks glikemiks suatu makanan, hal tersebut akan membuat Anda mudah merasa lapar. Akibatnya, Anda tidak bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi.

  1. Dapat membuat nafas segar

Bau napas yang tak sedap seringkali membuat orang tidak percaya diri ketika harus berbicara atau berhadapan dengan orang lain. Untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut, gunakan madu. Madu memiliki antibakteri yang bisa memberantas bakteri pada mulut penyebab bau tak sedap tersebut.

Banyak sekali bukan manfaat madu? Mulai sekarang, biasakan hidup sehat dengan rajin mengonsumsi madu. Selain baik untuk kesehatan tubuh, madu bisa juga digunakan untuk kecantikan sehingga penampilan makin menarik.