Cara Mengobati Cacingan Pada Orang Dewasa Secara Alami dan Mudah

Biasanya, penyakit cacingan menyerang anak kecil. Eits, tapi jangan salah ya. Tidak hanya anak kecil saja yang bisa terkena cacingan, orang dewasa pun bisa terkena cacingan. Cacingan merupakan penyakit gangguan pencernaan. Ciri jika Anda kena cacingan ialah hilang nafsu makan. Selain itu, masih banyak lagi tanda-tanda orang kena penyakit cacingan.

Lalu, bagaimana cara mengobati cacingan pada orang dewasa? Sebelum membahas cara tersebut, mari cari tahu dulu apa saja gejala penyakit cacingan.

Cara Mengobati Cacingan Pada Orang Dewasa

Apa saja gejala cacingan?

  1. Pucat

Salah satu tanda orang terkena cacingan ialah pucat. Bukan hanya wajahnya saja yang pucat, tapi seluruh bagian tubuh pucat. Itu karena aliran darah yang tidak lancar.

  1. Tubuh kurus

Orang yang terkena cacingan akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Tubuhnya terlihat kurus karena nafsu makan berkurang.

  1. Mengalami sakit perut

Lalu, sakit perut bisa menjadi tanda terkena cacingan. sesekali, rasa sakit perut akan hilang. Tapi, setelah beberapa saat kembali sakit.

  1. Batuk kering

Cacing di dalam perut bisa berkembang biak secara cepat. Cacing akan menyebar ke bagian organ tubuh lainnya termasuk ke paru-paru yang bisa menyebabkan batuk. Orang akan mengalami batuk kering, demam dan sakit di dada.

  1. Keluar cacing saat BAB

Saat BAB, cacing akan keluar bersama dengan feses saat BAB. Biasanya, penderita cacingan tidak menyadari akan hal ini.

  1. Lemas

Tubuh akan merasa lemas jika terkena penyakit cacingan. Anda tiba-tiba akan merasa letih, lesu, dan lunglai sehingga tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

  1. Gatal pada anus

Orang yang cacingan mengalami gejala merasa gatal pada anus. Terutama di malam hari, cacing-cacing kremi ada di area anus sehingga membuat sulit tidur.

  1. Diare berkepanjangan

Tanda cacingan yang paling sering dialami oleh orang ialah diare dalam waktu yang lama. Ya, cacing-cacing yang ada di dalam perut bisa menyebabkan timbulnya diare. Kalau Anda diare kemudian sudah lama tidak sembuh, bisa saja ini merupakan tanda terkena cacingan.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala di atas, bisa saja Anda mengalami cacingan. sebab itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengobati cacingan pada orang dewasa sehingga penyakit ini tidak berkepanjangan.

Cara mengobati cacingan pada orang dewasa dengan bahan alami

Untuk mengatasi penyakit cacingan, Anda bisa menggunakan bahan alami tradisional. Apa saja obat tersebut?

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sangat kaya  manfaat. Bawang putih bisa digunakan sebagai antibiotik yang dapat membunuh bibit cacing di dalam perut Anda. Makanlah bawang putih mentah. Jika Anda tak suka rasanya, Anda bisa menggunakannya sebagai salep lalu oleskan pada bagian dubur.

Cara membuat salep bawang putih sangat mudah yaitu haluskan bawang putih dengan cara ditumbuk atau diblender. Lalu, campur bawang putih dengan sedikit minyak esensial. Gunakan kapas untuk mengoleskannya pada anus.

  1. Minyak kelapa

Cara mengobati cacingan pada orang dewasa bisa dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa sebagai antibakteri yang dapat membunuh cacing serta mencegah infeksi. Cara menggunakan minyak kelapa hampir sama dengan bawang putih. Anda bisa mengonsumsinya, dan bisa menggunakannya sebagai salep untuk dioleskan ke anus.

  1. Wortel

Wortel bisa digunakan sebagai obat cacing untuk orang dewasa yang alami. Caranya ialah makanlah wortel mentah sehari dua kali. Wortel akan membantu cacing yang bersemayam di dalam perut keluar. Itu karena wortel termasuk jenis makanan yang kaya serat sehingga akan memperlancar proses pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus.

  1. Akar buah delima

Anda bisa menggunakan akar buah delima yang kering untuk mengatasi penyakit cacingan pada orang dewasa. Cara membuat ramuan dari akar buah delima cukup mudah. Caranya ialah sediakan akar buah delima kurang lebih sebanyak 7 gram. Lalu, cuci hingga bersih. Potong menjadi beberapa bagian, dan rebus. Setelah air mendidih, Anda bisa meminum ramuan tersebut pada kondisi dingin atau hangat-hangat kuku. Sebaiknya minum ramuan ini di pagi hari sebelum makan pagi.

  1. Kulit mangga

Orang cenderung tidak memperdulikan kulit mangga ketika makan buahnya. Ternyata, kulit mangga bisa dijadikan sebagai obat cacingan pada orang dewasa dan anak.

Cara membuat ramuan ini yaitu siapkan kulit mangga lalu cuci sampai bersih. Siapkan air untuk merebus kulit mangga. Jika sudah mendidih, biarkan sampai dingin dan minum secara rutin. Penyakit cacingan akan hilang dengan sendirinya.

  1. Kunyit

Kunyit sangat terkenal sebagai obat herbal yang super ampuh karena bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Anda bisa menggunakannya untuk membasmi penyakit cacingan. Caranya yaitu parut kunyit lalu campur dengan air panas. Ambil perasan kunyit lalu minum sebelum tidur. Pada pagi hari, cacing-cacing yang ada di perut akan keluar bersamaan saat Anda BAB.

  1. Cengkeh

Cengkeh bisa membasmi cacing yang ada di dalam perut. Itu karena cengkeh mengandung enzim pemecah protein yang bisa memberantas cacing kremi. Caranya yaitu gunakan cengkeh sebagai teh herbal. Lalu minum airnya.

  1. Daun kluwek

Jika Anda mencari obat cacingan untuk orang dewasa secara tradisional, daun kluwek bisa Anda coba. Cara mengolahnya menjadi obat cacingan sangat gampang, yaitu siapkan 30 gram daun kluwek dan 400 ml air. Cuci daun kluwek sampai bersih. Rebus ke dalam air yang telah disiapkan. Tunggu sampai air mendidih dan diamkan sampai tersisa 200 ml atau setengahnya. Minum ramuan rebusan daun kluwek sehari 2 kali. Cacing akan keluar saat Anda BAB.

Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengobati cacingan pada orang dewasa. Anda bisa memilih salah satu dari cara tersebut untuk terbebas dari penyakit pencernaan tersebut.

Obat Cacingan di Apotek

Selain menggunakan obat cacingan secara tradisional, alternatif lainnya ialah mengobati cacingan dengan menggunakan obat cacingan di apotek. Berikut ini jenis obat cacingan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

  1. Albendazole

Jenis obat cacingan di apotek ialah Albendazole. Obat ini dapat mengatasi infeksi akibat cacing, baik cacing kremi, pita, gelang, tambang, dan lain sebagainya. Cacing di dalam tubuh akan mati.

Anda bisa mendapatkan obat ini dengan resep dokter karena termasuk antibiotik. Obat ini bisa berbahaya bagi tubuh seandainya Anda mengonsumsinya tidak dalam takaran yang pas sesuai dengan keadaan tubuh Anda.

  1. Pirantel pamoat

Pirantel pamoat merupakan obat cacing yang membuat cacing lumpuh. Nantinya, cacing-cacing tersebut akan dibawa keluar bersamaan dengan feses. Setelah berada di luar tubuh, cacing akan mati dengan sendirinya. Obat ini bisa didapatkan tanpa resep dokter. Hanya dengan sekali minum saja, cacing di dalam perut dapat dibasmi.

  1. Mebenzole

Lalu, ada Mebenzole sebagai obat cacing. Cara kerja obat ini sangat efektif karena melumpuhkan cacing di dalam tubuh. Sayangnya, obat ini tidak efektif untuk membasmi telur cacing, karena yang dibasmi hanyalah cacing dewasa. Oleh sebab itu, perlu mengonsumsi obat cacing selama beberapa kali dengan memperhatikan siklus perkembangan cacing, sehingga semua cacing di perut bisa dibasmi secara total.

Ketiga obat cacingan di apotek tersebut bisa digunakan sebagai cara mengobati cacingan pada orang dewasa. Selain mengobati, Anda juga harus melakukan pencegahan terutama dengan menjaga kebersihan supaya tidak terkena cacingan.