Cara Mengusir Tikus Dirumah Dengan Aman Dan Ampuh

Cara Mengusir Tikus Dirumah Dengan Aman Dan Ampuh

Mengenal hewan pengerat yang lincah yaitu tikus

Kadang ketika kita melihat tikus, mereka kadang terlihat menggemaskan dan imut, namun kenyataannya tikus dapat menyebabkan berbagai penyakit untuk anda, merusak rumah dan pada umumnya keberadaannya membuat tidak nyaman. Kadang keberadaan tikus menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Misalnya ketika anda sedang istirahat mereka mengeluarkan suara dengan keras yang akan mengganggu tidur nyenyak anda. tikus merupakan hewan dengan ukuran menengah dan berekor panjang. Tikus dikenal sebagai hewan mamalia yang paling sukses didunia.

Hal ini karena tikus mampu membuat hewan lain menyukainya sebagai mangsa. Dengan titlenya sebagai hewan yang paling diburu, tikus telah mampu beradaptasi untuk mencari tempat berlindung, khususnya di dekat makanan. Tikus mampu berkembang biak dengan cepat. Untuk satu betina mampu mengahasilkan rata- rata enam sampai delapan bayi per serasah. Tikus yang lahir tersebut mampu menjadi 60 tikus dalam waktu hanya 6 bulan. Tikus dapat mengakibatkan penyakit yang berbahaya bagi manusia. Untuk itu mengetahui cara mengusir tikus di rumah sangat diperlukan.

Cara Mengusir Tikus Dirumah

Makanan tikus

Tikus merupakan hewan yang suka mengunyah dan dapat memakan apapun. Terutama mereka menyukai biji-bijian dan bisa melewati kotak sereal atau kerupuk tanpa banyak usaha. Biasanya tikus makan antara 15 sampai 20 kali sehari dan akan membuat sarang mereka didekat sumber makanan mereka. Bahayanya ketika anda tidak menyadari makanan anda telah terkontaminasi oleh tikus, dan kita memakannya maka hal ini dapat menularkan penyakit mereka pada anda. terkadang makanan tikus menjadi salah satu cara mengusir tikus di rumah.

Penyakit yang di timbulkan oleh tikus

Tikus memang hewan yang berbahaya, meskipun kelihatannya mereka imut dan menggemaskan. Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan yang sangat merugikan manusia. Berikut ulasan tentang penyakit yang disebabkan oleh tikus.

Hantavirus pulmonary Syndrome

Penyakit ini merupakan penyakit yang ditularkan oleh hewan pengerat yang terinfeksi seperti tikus. Infeksi bisa saja melalui urine, kotoran, atau air liur. Anda dapat tertular atau terinveksi oleh virus ini dengan melalui pernapasan.

Tipus Sinus

Penyakit ini ditularkan oleh kutu tikus. Tikus merupakan hewan yang sangat jorok, jadi tidak heran bila tikus memiliki puluhan kutu yang menghuni tubuh mereka. Tikus yang dipenuhi dengan kutu ini bisa ditemukan di lingkngan tropis lembab dan juga daerah beriklim sedang.

Rat Bite Fever (RBF)

Penyakit ini merupakan penyakit bakteri sistemik yang disebabkan oleh Streptobacillus moniliformis yang bisa menjangkit jika terkena gigitan atau goresan dari hewan pengerat atau konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi kotoran tikus.

Salmonella Enterica Serovar Typhimurium

Salmonella Enterica Serovar Typhimurium ini pada manusia tidak menyebabkan penyakit yang parah. Penyakit ini ditandai dengan diare, kram perut, muntah dan mual dan pada umumnya penyakit ini berlangsung selama 7 hari. Namun pada orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah atau orang tua, infesksi almonella Enterica Serovar Typhimurium dapat berakibat fatal jika tdak mendapat penanganan yang serius.

Leptosirosis

Terkenal dengan nama lain sindrome weil, demam conicola, demam canefield, demam 7 hari, kuning tikus catcher, demam fort bragg, ikterus hitam, dan demam pretibial. Penyakit ini merupakan penyakit bakteri yang dapat menyerang manusia dan hewan. Penyakit ini pada manusia memiliki berbagai macam gejala namun beberapa orang yang terjangkit penyakit ini memiliki gejala yang berbeda- beda.gejala penyakit ini meliputi demam tinggi, sakit kepala parah, menggigil, nyeri otot dan muntah dan bisa termasuk penyakit kuning mata merah, sakit perut, diare atau ruam. Jika penyakit ini tidak di obati maka akan sangat berbahaya bagi manusia. Untuk itu anda harus melakukan pencegakan. Cara mengusir tikus dirumah merupakan hal pertama yang harus anda ketahui.

Leptospirosis

Merupakan salah satu penyakit paling umum didunia yang dituarkan hewan kepada manusia. Infeksi biasanya ditularkan kepada manusia melalui air yang telah terkontaminasi dengan urin hewan.

Eosinophillic Meningitis

Penyakit ini merupakan penyakit infeksi otak yang terjadi terkait dengan peningkata jumlah eosinofil, sel darah putih yang terkait dengan infeksi cacing yang menembus ke dalamĀ  tubuh. Hewan yang sangat berperan dalam penyebaran penyakit ini adalah cacing- cacing yang ada pada tikus.

Rickettsialpox

Merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, bakteri yang dapat menyebabkan penyakit ini biasanya ditemukan pada tikus dan menyebabkan tungau makan pada tikus untuk terinfeksi. Manusia biasanya mendapatkan penyakit ini dengan cara gigitan dari tungau yang terinfeksi bukan dari tikus secara langsung. Gejalanya adalah benjolan yang dibentuk oleh gigitan yang akhirnya menghasilkan keropeng hitam dan berkerak. Gejala selanjutnya adalah demam, kedinginan, lemah, dan otot merasa sakit. Namun gejala yang paling sering dirasakan adalah ruam yang luar biasa yang terjadi diseluruh tubuh.

Cara mengusir tikus di rumah yang aman dan ampuh

Tikus dapat menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Untuk kondisi yang parah bahkan dapat mengakibatkan kematian. Berikut merupakan cara mengusir tikus di rumah yang bisa anda jadikan referensi dalam mengusir tikus- tikus yang menjengkelkan dan mengganggu tersebut.

  1. Menggunakan kulit telur

Jika anda memiliki kulit telur di rumah jangan anda buang dengan sia- sia. Kulit telur dapat anda jadikan cara ampuh untuh mengusir tikus dri rumah anda. caranya yaitu haluskan beberapa kulit telur sampai halus seperti bubuk. Tikus akan terbunuh ketika tikus terkena bubuk kulit telur tersebut.

  1. Menggunkan cuka

Mengusir tikus dari dalam rumah dapat digunakan dengan menggunakan cuka. Bau cuka sangat tidak disukai oleh tikus, jadi jika setiap sudut rumah anda diberik sedikit cuka maka tikus- tikus akan merasa kurang nyaman dan meninggalkan rumah anda.

  1. Menggunakan bubuk kopi

Tikus merupakan hewan yang memiliki indera penciuman yang tajam. Bubuk kopi memiliki aroma yang tajam dan tidak disukai oleh tikus. Anda dapat menaburi tempat yang biasanya terdapat tikus dengan bubuk kopi. Tikus akan segera pergi dari tempat tersebut.

  1. Buah mengkudu

Buah mengkudu merupakan buah yang sangat dibenci oleh tikus. Anda dapat meletakkannya disudut- sudut rumah biasa tempat tikus bersarang.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak disukai oleh hewan pengerat seperti tikus.

  1. Merica atau bubuk lada

Selain bawang putih, merica dan bubuk lada merupakan bumbu dapur yang bisa bermanfaat untuk mengusir tikus dari rumah anda.

  1. Menggunakan kapur barus

Tikus tidak menyukai bau yang tajam dan harus. Kapur barus dapat digunakan untuk mengusir tikus karena memiliki bau yang tajam dan juga wangi.

Sekian cara mengusir tikus di rumah yang dapat disampaikan, semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu anda dalam membasmi hewan pengerat yang keberadaannya sangat mengganggu ini. hidup sehat tanpa hewan pengerat dirumah.