Apa Saja Manfaat Kurma Untuk Kesehatan? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

Apa saja Manfaat Kurma Untuk Kesehatan? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

Kurma, buah asal Timur tengah ini sangat banyak ditemukan di Indonesia terutama ketika bulan suci Ramadan. Buah kurma memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut. Dibalik rasanya yang enak tersebut, tahukah Anda apa saja manfaat kurma?

Banyak yang tahu bahwa kurma merupakan buah yang sangat dianjurkan untuk menemani waktu berbuka. Jika saat berbuka makan buah kurma, Anda bisa terhindar dari makan berlebihan yang sebenarnya hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. Makan terlalu banyak akan membuat perut terasa begah apalagi seharian perut dalam keadaan kosong. Pada kondisi ini, perut membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Lambung yang kosong, jika diisi terlalu penuh makanan akan membuat Anda tak nyaman.

Manfaat Kurma bagi Kesehatan Tubuh

  1. Mengatasi Konstipasi

Orang yang susah buang air besar atau mengalami sembelit sangat disarankan untuk mengonsumsi kurma. Kurma bisa berfungsi sebagai obat pencahar alami. Cara mengonsumsinya ialah dengan cara merendam beberapa butir kurma ke dalam air. Lalu, biarkan sekitar 1 malam. Minum air larutan kurma tersebut. Masalah susah buang air besar dapat teratasi karena kurma mengandung serat yang tinggi sehingga bisa menggiatkan pergerakan usus.

  1. Mengatasi gangguan usus

Kurma mengandung nikotin yang bisa bermanfaat untuk mengatasi gangguan usus. Sering mengonsumsi kurma akan membuat pertumbuhan organisme patologis terhambat dan dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus. Masih ada kaitannya sebagai makanan berserat tinggi, usus akan membuat lebih banyak nutrisi terserap oleh tubuh karena sistem pencernaan membaik.

  1. Baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang

Tak hanya bagus untuk pencernaan, manfaat kurma yang lainnya ialah bisa membuat tulang lebih kuat. Ini karena terdapat kandungan mineral pada buah kurma. Masalah tulang keropos tak akan dialami lagi jika mengonsumsi kurma secara rutin. Selain mengandung mineral yang tinggi, kurma juga mengandung tembaga, mangan, selenium, dan magnesium. Semua zat tersebut sangat bagus untuk pertumbuhan tulang sehingga lebih sehat dan kuat. Orang manula atau lanjut usia sangat bagus mengonsumsi kurma agar terhindar dari osteoporosis.

  1. Mengatasi anemia

Anemia atau merupakan kondisi di mana tubuh lemas, lelah dan lesu karena kekurangan darah. Kurma mengandung mineral dan zat besi yang tinggi sehingga bisa mengatasi gangguan kesehatan ini. Pembentukan sel darah merah menjadi lebih optimal karena Anda mengonsumsi kurma yang tinggi zat besi. Hal ini akan meningkatkan energi Anda lebih optimal.

 

  1. Mengatasi alergi

Hal unik pada kurma ialah adanya kandungan belerang organik. Cukup sulit menemukan makanan yang mengandung zat ini. Belerang organik bisa mengatasi alergi musiman.

  1. Mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang menyerang trombosit pada manusia. Untuk meningkatkan jumlah trombosit, Anda bisa mengonsumsi kurma. Itu karena kurma mengandung zat galaktosa, manosa, zilosa sehingga kadar trombosit bisa meningkat sekitar 23,90 %.

  1. Mengatasi rematik

Manfaat kurma yang bisa Anda dapatkan ialah mengatasi penyakit rematik. Kurma bisa membuat tulang dan otot sehat dan kuat sehingga penyakit rematik bisa diatasi. Sebaiknya, konsumsi 15 kurma setiap hari untuk menyembuhkan penyakit rematik karena tubuh akan mendapatkan asupan zat gizi berupa kalium, sulfur, boron, magnesium, dan kalsium.

  1. Menambah berat badan

Anda memiliki masalah terhadap berat badan? Dengan mengonsumsi kurma secara rutin, Anda bisa menjaga berat badan tetap dalam keadaan ideal. Itu karena kurma mengandung zat yang sangat bagus bagi kesehatan seperti karbohidrat, protein dan beragam vitamin esensial. Bagi Anda yang memiliki tubuh kurus, cobalah untuk mengonsumsi kurma. Berat badan akan naik secara berkala sehingga Anda memiliki tubuh yang proporsional. Pria yang ingin membentuk otot agar terlihat macho juga bisa menjadikan kurma sebagai asupan makanan untuk membantu mendapatkan otot yang kuat.

  1. Meningkatkan energi

Salah satu manfaat kurma yang paling menonjol ialah meningkatkan energi. Itulah mengapa ketika berbuka atau sahur puasa, disarankan untuk mengonsumsi kurma. Kurma akan membantu meningkatkan energi sehingga Anda tidak akan lemas saat menjalankan ibadah puasa. Karena bisa mengembalikan energi dengan cepat, Anda bisa mengonsumsi buah ini setelah aktivitas berolahraga.

  1. Menjaga kesehatan sistem saraf

Kurma mengandung vitamin B yang sangat bagus bagi kesehatan dan fungsi saraf. Ada juga kalium yang sangat bagus untuk meningkatkan aktivitas kerja otak sehingga lebih maksimal.

  1. Meningkatkan daya kerja otak

Buah kurma memiliki kandungan kalium yang tinggi. Hal ini akan berguna untuk mengendalikan oksigen di tubuh ke otak dengan baik. Suplai oksigen yang bagus akan membuat otak bisa bekerja dengan optimal. Anda bisa makan buah kurma secara rutin untuk meningkatkan daya ingat.

  1. Mengatasi gangguan insomnia

Insomnia merupakan gangguan susah tidur di malam hari. Hal ini menyebabkan terganggunya aktivitas pada  keesokan harinya karena tubuh akan merasa lemah dan lunglai. Padahal, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa mengembalikan energi supaya fit lagi. Jika Anda sering mengalami insomnia, cobalah konsumsi kurma yang mengandung vitamin B3.

 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung menjadi penyakit paling mematikan. Sebelum terkena penyakit jantung, sebaiknya Anda melakukan beberapa pencegahan misalnya dengan menjalankan gaya hidup sehat. Selain itu, Anda bisa rajin mengonsumsi kurma agar bisa mendapatkan manfaatnya yaitu membantu kesehatan jantung.

Bahkan, jika Anda memiliki jantung lemah, mengonsumsi air rendaman kurma bisa meningkatkan fungsi jantung lebih optimal. Zat potassium yang terdapat pada kurma bisa mengurangi adanya penyakit stroke. Selain itu, kurma juga membantu mengurangi kadar kolesterol pada tubuh sehingga kesehatan jantung terjaga dengan baik. Sebaiknya, minum air rebusan kurma paling tidak dua kali dalam satu minggu.

 

  1. Mengatasi gangguan seksual

Mengalami lemah stamina ketika berhubungan intim bersama istri akan menjadi suatu masalah tersendiri. Kepuasan di atas ranjang akan berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga. Untuk meningkatkan stamina Anda, cobalah konsumsi kurma yang direndam dengan susu kambing selama semalam. Anda bisa mencampurnya dengan kapulaga dan susu. Rasakan khasiatnya. Anda akan memiliki stamina yang bagus sehingga daya tahan seksual membaik. Bahkan, ramuan ini juga bagus untuk meningkatkan kesuburan.

 

  1. Mengatasi penyakit diare

Diare merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap sepele. Tubuh bila kekurangan cairan bisa mengalami penyakit serius, bahkan berujung pada kematian. Untuk itu, jika terkena diare, sebaiknya segera tangani dengan baik. Cara alami untuk mengatasi diare ialah dengan mengonsumsi kurma. Kurma bisa mengendalikan gerakan usus sehingga dapat mengendalikan diare.

 

Ada begitu banyak manfaat buah kurma. Anda bisa mengonsumsi kurma secara rutin, bahkan ketika tidak di bulan Ramadan sekalipun. Namun, tetap perhatikan kebersihan ya. Sebaiknya, carilah buah kurma yang kebersihannya terjaga. Pilih kurma yang dikemas secara higienis tertutup. Sebab, permukaan kurma yang lengket akan mudah menyeret kotoran seperti debu jika dibiarkan dalam keadaan terbuka. Anda pun bisa memilih jenis kurma sesuai dengan selera karena ada banyak jenis yang tersedia di pasaran.